“Ada lebih dari 450 lingkar kreatif dan juga para cosplayer internasional yang akan meramaikan Comic Frontier 9”
Jakarta, 29 Agustus 2017
Geliat pergerakan industri kreatif Indonesia masih terus berkembang. Berbagai kreator lokal baik yang sudah profesional maupun yang masih bergerak di jalur independen terus melahirkan beragam produk kreatif mulai dari ilustrasi, komik, game, hingga animasi. Beragam karya tersebut hadir tidak hanya di media konvensional saja, perkembangan teknologi dan tren media sosial juga turut serta berperan penting dalam perkembangan pergerakan industri kreatif di Indonesia.
Geliat pergerakan industri kreatif Indonesia masih terus berkembang. Berbagai kreator lokal baik yang sudah profesional maupun yang masih bergerak di jalur independen terus melahirkan beragam produk kreatif mulai dari ilustrasi, komik, game, hingga animasi. Beragam karya tersebut hadir tidak hanya di media konvensional saja, perkembangan teknologi dan tren media sosial juga turut serta berperan penting dalam perkembangan pergerakan industri kreatif di Indonesia.
Sebagai salah satu wadah yang menghimpun para kreator muda, Comic Frontier (Comifuro) kembali hadir untuk kedua kalinya di tahun ini. Penyelenggaraan Comic Frontier kali ini adalah yang kesembilan kalinya diadakan sejak digelar pertama kali pada tahun 2012 lalu. Acara yang mengusung konsep pasar kreatif ini diadakan selama 2 hari pada tanggal 2-3 September 2017 dan bertempat di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta Selatan.
Dalam setiap penyelenggaraannya, Comic Frontier selalu menghadirkan ilustrasi visual dengan nuansa yang berbeda dan dibuat oleh berbagai kreator yang berbeda. Kali ini ilustrasi resmi acara ini dibuat oleh Pikomint.
Jumlah kreator dan komunitas kreatif yang terhimpun dalam Comic Frontier 9 ini meningkat lebih banyak dibandingkan acara sebelumnya. Dalam penyelenggaraannya kali ini ada lebih dari 400 kreator, lingkar kreatif, dan komunitas kreatif yang bergabung. Berbagai karya yang dihadirkan di acara ini juga semakin beragam mulai dari ilustrasi, komik, animasi, literatur, musik, hingga game.